Lakius Peyon,S.ST.Par Lahir di Panal pada tanggal 16 Maret 1977 dari Ayah Wengkelen Palu Pilili Peyon dan Ibu Wayahe Alignoe. Setelah lulus Sekolah Dasar di kampung halamannya SD Inpres Pontenikma pada tahun 1992, Lakius Kecil merantau ke Kota Wamena Pusat pemerintahan kabupaten Jayawijaya dan mendaftar di SLTP YPK Betlehem Wamena dan lulus tahun 1995.

setamat SMP , Lakius melanjutkan ke jenjang SMA dan menjadi pilihannya kala itu yakni SMA Negeri 1 Wamena namun bertahan hanya beberapa hari dan dikeluarkan karena tidak memiliki Sepatu Hitam yang menjadi keharusan siswa sekolah negeri. tidak putus asah Lakius kembali pindah ke SMU PGRI Wamena tapi tidak sampai hitung bulan dikelurkan karena tidak memiliki seragam Sekolah. setelah dikelurkan Lakius remaja kembali mendaftar di SMK Pariwisata Wamena,setelah naik kelas dua sekolah ini ditutup sehingga pindah ke SMU YPPK St Thomas Wamena dan hanya bertahan dua bulan dan pindah ke SMU YPK Wamena dan lagi lagi bertahan hanya sebulan dan pindah ke SMK Yapis Wamena dan berhasil lulus pada tahun 1998.

Setelah bermodalkan Ijasa SMA Lakius merantau lagi ke kota Jayapura dan mendaftar pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Otto Geizler Kotaraja Jayapura. Namun belum sempat mengikuti ospek ia mendaftar lagi ke Akademi Pariwisata (AKPAR) 45 Jayapura mengikuti kuliah untuk mendapatkan gelar diploma. tidak puas hingga DIII ia lagi lagi merantau ke kota Denpasar Bali untuk melanjutkan pendidikan ke Jenjang Sarjana penuh pada Program Studi Pariwisata (PSD4) Universitas Udaya Bali hingga mendapatkan gelar Sarjana Sains Terapan Pariwisata (S.ST.Par)

Latar belakang Pendidikan yang berliku-liku telah mengantarkan Lakius menjadi pribadi yang kuat dan tidak mudah putus asah. Karirnya di dunia Politik cukup cemerlang seakan ikut jalan tol, Pemilihan Umum Legislatif tahun 2009-2014 berhasil menjadi Ketua Komsi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Yalimo yang membidangi Pendidikan dan Kesehatan. Periode kedua yakni 2014-2019 ia terpilih kembali dan menjadi ketua dua namun dalam bursa pilkada beberapa partai politik diantaranya PKPI,PAN, dan Gerindra mendukungnya untuk maju sebagai bakal calon Wakil Bupati Kabupaten Yalimo periode 2016-2021 mendampingi calon Bupati Petahana Er Dabi S.Sos yang didukung partai pemenang Demokrat. pasangan ini telah memenangi perhelatan PILKADA serentak tahun 2015.

Lakius Peyon, S.ST.Par yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Bupati Yalimo resmi dilantik oleh Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe, S.Ip. MH pada tanggal 20 April 2017 sebagai bupati Kabupaten Yalimo untuk melanjutkan sisa periode setelah Bupati sebelumnya Alm Er Dabi S.Sos berpulang ke pangkuan Bapa di sorga.